Bagaimana Alur Pendapatan Dana di Ekosistem eSports


Mei lalu ESPN dan Riot Games membuat sebuah kesepakatan senilai $500juta dolar untuk menyiapkan League of Legend Championship Series. Namun, kedua belah pihak menyangkal pembicaraan tersebut dari hasil laporan wartawan Faux Paus dan rumor ini menimbulkan pertayaan yang menarik dibenak gue sendiri tentang bagaimana aliran dana di ekosistem esports?

Bagaimana aliran dana di ekosistem esports?

Menurut gue, dari hasil googling yang gue lakukan, dalam esports profesional, laga kompetitif berfungsi tempat mencari pemasukan untuk kepentingan anggota tim organisasi esports. Laga kompetitif tersebut selain sebagai tempat mengasah kemampuan tim organisasi esports, di sisi lain juga sebagai mata pencaharian atau pendapatan.

Pendapatan dana dari Brands, Media, Live Streaming, Broadcast TV, Liga, Organisasi tim esports, Penerbit Game, Tornamen(ESL, LCS, TI.dll) dan Fans (Tiket, Merchandise, Kontribusi langsung).


Menurut gue kira-kira seperti ini aliran dana di ekosistem esports, gue gambarin sedikit dibawah ini :



Di esports yang memegang peran saat ini adalah Chanel Marketing, Penerbit Game, Penyelenggara tournamen .

Lalu, Bagaimana dengan Tim organisasi esports?

Di tim organisasi esports pada awalnya mereka berjalan secara mandiri. Di proses awal itulah kita yang sedang membangun tim organisasi esports belum dapat kepercayaan untuk bekerjasama oleh brand-brands, ('lo itu siapa, mana gue percaya muka kek penipu gitu'.) mungkin seperti itulah (/laugh).
Tim organisasi esports harus bekerja keras, bisa tampil di publik bahwa tim organisasi esports yang dibangun mempunyai potensi mulai dari Marketing, Publisher, dan Talent terbaik esports.

gue akan menggambarkan seperti inilah, struktur finansial di tim organisasi esports :







Sumber : TheScore eSports ESPN , esports enterpreneur

Tulisan sesat seorang gamers, I love anything about games, startup, life story. You can reach me on rizekiawansp@gmail.com and follow my Twitter @dailytalkshit

Comments
0 Comments

0 komentar: