Bagaimana Cara Mendirikan Tim e-Sport


Gue bukanlah seorang yang mengerti tentang hal yang tau banyak tentang e-Sport, kenapa gue membahas "Bagaimana Cara Mendirikan Tim e-Sport?" karena gua ada passion dunia game, gue tidak jago banget dalam bermain game tapi gue tau peluang di esport itu seperti apa, di negara kita INA masih awam dengan hal esport ini. Gue baru bergerak hati untuk memulainya, because gue kemarin-kemarin sangat suram banget banyak malasnya hanya ide dan ide tapi tidak action. 

Gaming itu sudah menjadi cabang olahraga di dunia, untuk memulainya tidaklah mudah menjadi atlit esport. Semua orang bisa bermain game tapi semua orang tidak bisa menjadi Pro-Gamer, kenapa? Ada banyak proses yang harus dilewati untuk membuat tim eSport dan menjadi Pro-Gamer seberapa banyak dedikasi mereka dalam esport itu. 

Pejewan membuat tim esport :

1. Mulai Berteman Dengan Pemain yang Sepassion



Ini gue sebut cari jodoh, tidak hanya urusan percintaan saja, dalam esport juga ada. Cari jodoh ini maksudnya adalah mencari teman yang chemistry agar kinerja tim bakal selalu langgeng dan mampu bertahan melewati cobaan. 

Tahap awal dari membangun sebuah tim esport yang solid adalah nilai pertemanan yang baik karena adanya kesamaan. Apapun itu, dalam membangun tim esport memerlukan koordinasi, skill, dan pemahaman game play yang baik. 

Di tempat gue tinggal belum kelihatan komunitas-komunitas tim esport, entah gua gak tau atau enggak cari tau. tapi kedepan insyaalah gue akan membuat komunitas Moba Online untuk daerah tempat gue tinggal. 


2. Visi dan Misi Tim esport lo




Setelah menemukan jodoh lo, diskusi tentang visi dan misi tim yang akan lo buat. Sejauh mana visi mereka dalam bermain game, apakah hanya untuk having fun, atau untuk menjadi juara nasional saja atau mencari money dari kompetisi nasional atau menjadi juara dunia? ini hal yang penting dalam fondasi dasar sebuah tim esport. 

Visi gue, Team Eratu> berkomitmen membangun komunitas untuk komunitas gamer menjadi pusat pemain terbaik nasional.  temen-temen gue akan gue jadikan orang (pro-gamers, famous, atitude yang baik dan punya penghasilan sendiri) kelihatanya munafiknya tapi whatever.  
Misi gue, cari jodoh dulu deh. 


3. Asah Tim lo untuk bersaing di Dunia Nyata. 



Sudah merasa memiliki tim yang solid? Bila lo dan rekan tim esport berada di satu kota yang sama, sekarang cobalah untuk mengasah nyalimu berkompetisi dengan mengikuti kejuaraan yang diadakan di kota lo. 

Proses ini memang awalnya tidak mudah, karena mau tidak mau lo harus mengeluarkan modal untuk biaya pendaftaran masuk kompetisi, namun percayalah dengan muncul dipermukaan lo dan tim akan di kenal menjadi atlet esport. 

Berlaga di kota lain adalah upaya agar tim lo tak hanya menjadi tim yang jago kandang. Melebarkan sayap di kota lain lo sudah pasti akan menjalin pertemanan serta calon sponsor yang lebih banyak lagi.


4. Bangun Sistem Managemen yang Baik di Tim eSport



Sudah merasa di perhitungkan? untuk berlaga di next level, lo perlu merekrut satu anggota yang nantinya akan berperan menangani sektor managerial tim, promosi dan lainya, gue belum paham banget jobdesknya sedang gue pelajari. Tapi hal yang lebih penting lainya, dia harus sedikit tau banyak rutinitas para anggota tim agar bisa membuat jadwal berlatih dan bertanding. Manager tim menurut gue adalah orang yang akan mengayom bersama-sama agar sukses dan menjadi tumbuh besar. 

nah itu sedikit how to make team esport, tapi gue masih sakit hati perkataan di reddit waktu yang lalu saat tim kita tidak dapat masuk di TI6.

Sumber Foto :eSport EnterpreuneurFacebook

Tulisan sesat seorang gamers, I love anything about games, startup, life story. You can reach me on rizekiawansp@gmail.com and follow my Twitter @dailytalkshit

Comments
0 Comments

0 komentar: